Kumpulan Modul SIM PKB 2017 Kelas Rendah (1-3)

SIM PKB 2017 - Program PengembanganKeprofesian Berkelanjutan bagi Guru merupakan tindak lanjut dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 dan bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan tugasnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Sebagai salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan suatu acara diklat.

Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar pada tahun 2017 melakukan review, revisi, dan membuatkan modul paska UKG 2015 yang telah terintegrasi PenguatanPendidikan Karakter (PPK) dan Penilaian Berbasis Kelas, serta berisi materi pedagogik dan profesional yang akan dipelajari oleh penerima selama mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar ini dibutuhkan dapat menjadi materi bacaan wajib bagi para penerima diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman wacana kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan peran pokok dan fungsinya.


Guru mempunyai kewajiban untuk selalu memperbaharui dan meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai esensi pembelajar seumur hidup. Untuk mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan tersebut, dikembangkan modul untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berisi topik-topik penting. Adanya modul ini memperlihatkan kesempatan kepada guru untuk berguru lebih mampu bangkit diatas kaki sendiri dan aktif. Modul ini juga digunakan sebagai materi latih dalam kegiatan diklat tatap muka eksklusif atau tatap muka kombinasi (in-on-in). 

Sebagai contoh, modul pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berjudul “Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik” merupakan modul untuk kompetensi pedagogik guru pada Kelompok Kompetensi A (KK A). Materi modul dikembangkan berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, kompetensi Pedagogik yang pertama dan keenam yaitu wacana Karakteristik Peserta Didik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik. Penguasaan guru atas konsep dan implementasi dari kedua kompetensi inti ini membekali guru untuk menghantarkan penerima didik asuhannya secara percaya diri memperoleh pencapaian terbaik mereka sesuai dengan karakteristiknya. 

Dengan demikian, potensi yang dimiliki seluruh penerima didik dapat mewujud dalam bentuk prestasi yang beragam secara optimal. Mengingat penerima didik ialah subjek yang akan dibelajarkan guru perlu termotivasi, bekerja keras, dan kreatif untuk mengenal karakteristik dan potensi penerima didik serta cara mengembangkannya. Pada beberapa komponen modul yang relevan telah diintegrasikan beberapa nilai abjad bangsa, baik secara eksplisit maupun implisit. Berdasarkan karakteristik materi modul yang membahas wacana aspek kognitif dan non-kognitif penerima didik, ruang lingkup kajian materi modul ini sejatinya dapat memfasilitasi penguatan sebagian besar nilai-nilai abjad yang diusung dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Nilai-nilai ini dapat diimplementasikan selama kegiatan pembelajaran, dalam melakukan peran sebagai guru, dan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mendukung pengembangan kompetensi sosial dan kepribadian guru. Dengan demikian dibutuhkan guru dapat menjadi teladan bagi penerima didik yang diasuhnya dan masyarakat di sekitarnya.

Selengkapnya silahkan anda download Kumpulan Modul SIM PKB 2017 Kelas Rendah (1-3) melalui alamat tautan di bawah ini:

Selanjutnya, untuk kelas tinggi 4. 5, dan 6 SD silahkan download disini

Demikian informasi guru pembelajar terbaru, terkait dengan Kumpulan Modul SIM PKB 2017 Kelas Rendah (1-3)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel