Kaidah-kaidah Dalam Penulisan PTK

DEFINISI PTK:
PTK ialah suatu kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukannya itu, serta untuk memperbaiki kondisi dimana praktek pembelajaran tersebut dilakukan.( Joni& Tisno: 1998)
PTK ialah suatu proses dimana melalui ini dosen dan mahasisiwa menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan dan perubahan pembelajaran yang lebih baik supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.( Soedarsono: 2001)
PTK ialah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas.
Dengan kata lain: PTK ialah penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas:
Ada 2 jenis PTK yaitu PTK individu dan kolaborasi
KaraKteristiK PtK :
1. On the job problem oriented Artinya bahwa PTK dilaksanakan oleh pekerja sesuai dengan bidang yang ditekuninya, misalnya seorang guru geografi yang hendaknya mengadakan PTK dengan tema pembelajaran Geografi.
2. Problem Solving oriented Mengandung makna bahwa PTK dilakukan untuk memecahkan persoalan yang ada dalam Proses Belajar Mengaja (PBM) oleh guru.
3. Improvement oriented Bahwa PTK dilaksanakan untuk memperbaiki proses pembelajaran
4. Multidata oriented PTK harus dilakukan dengan praktik dalam PBM.
5. Specific Contextual PTK dilaksanakan benar-benar persoalan yang dialami guru dalam PBM.
6. SikluS Pelaksanaan dilaksanakan berulang ulang dan Continue. Meliputi: (1) perencanaan atau planning, (2) pelaksanaan tindakan
atau acting, dan (3) pengamatan dan refleksi atau observasingreflekting.
7. Kolaboratif Dapat dilaksanakan bersama orang atau guru lain namun masih dalam 1 rumpun ilmu
8. Metodologi bersifat longgar. Maksudnya bahwa PTK tidak harus mengginakan pengolahan data statistik yang rumit, cukup dengan analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan juga tidak harus diuji reabilitas, normalitas, atau validitas. Namun instrumen dapat diuji dengan uji triangulasi atau crosscheck atau perbandingan dengan cara atau instrumen lain.
Manfaat PtK :
1. Guru menjadi dan peka terhadap masalah
2. Terjalinnya kerjasama untuk meningkatkan mutu KBM
3. Perhatian terhadap siswa terus menerus
4. Mutu diri dan kinerja
5. Capai tujuan KBM
PrinsiP PTK (HoPKins, 1993) :
1. Tidak menggangu janji dan peran utama guru yaitu
menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas
2. Melaksanakan PTK pada dasarnya merekam dan melaporkan
proses dan hasil pembelajaran secara sisematik dan terkendali
menurut kaidah ilmiah
3. Kegiatan penelitian yang dilakukan merupakan bab integral
dari pembelajaran dan harus tetap bersandar pada alur dan
kaidah ilmiah
4. Masalah yang dipecahkan ialah persoalan pembelajaran riil
dan merisaukan 5. Konsistensi sikap dan kepedulian dalam
memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran sangat
diperlukan
6. Cakupan persoalan tidak hanya dibatasi pada masalah
pembelajaran di ruang kelas
Bidang kajian PTk :
1. Pembelajaran di kelas : cara berguru dan proses
2. Desain dan taktik PBM : pengelolaan prosedur dan metode
3. AlAt bantu,media dan sumber belajar
4. SiStem evalusai PBM
5. ImplementasI kurikulum
Prosedur Siklus PTK Model Kemmis:
PTK
1. Permasalahan
2. AlternAtif pemecahan masalah
3. Pelaksanaan tindakan 1
4. Observasi 1
5. AnAlisis data 1
6. refleksi 1
7. Terselesaikan ? (siklus 1)
8. Tidak? AlternAtif pemecahan (rencana tindakan 2)
9. Pelaksanaan tindakan 2
10. Observasi 2
11. AnAlisis data 2
12. Refleksi 2
13. Terselesaikan ? SikluS 2
14. Tidak ? rencana tindakan selanjutnya
MeneMukan Masalah PTk :
1. Merenung
2. Berfikir wacana apa yang mungkin dapat diperbaiki
3. Pikirkan wacana beberapa kelompok persoalan pembelajaran
4. Pilih persoalan yang layak
5. Pilih persoalan yang tidak terlalu luas dan sempit
6. Pilih persoalan yang strategis
7. Pilih persoalan yang anda senangi
8. Pilih persoalan yang anda kuasai
Langkah PTk :
1. IdentIfIkasI dan analisis masalah
2. MeruMuskan masalah
3. MeruMuska tindakan
4. Melaksanakan tindakan
5. Melakukan refleksi (analisis,memarik kesimpulan dll)
SiStematika Laporan ptk :
1. Latar Belakang Masalah
2. Perumusan Masalah
3. Tujuan Penelitian
4. Manfaat Penelitian
Latar BeLakang MasaLah PTK :
1. Menulis kenyataan yang ada
2. Menulis impian yang akan di tuju
3. AdAnyA persoalan Meliputi Identifikasi Maslah dan Pembatasan masalah.
4. AdAnyA solusi
Perumusan persoalan PTK :
Dikembangkan dari identifikasi dan pembatasan masalah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel