Soal-soal Tentang PTK (Penelitian Tindakan Kelas)


1. PTK yakni suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. McTaggard
B. Carr dan Kemmis
C. Rochman
D. Schmuck
Carr dan Kemmis : Penelitian tindakan kelas yakni suatu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melelui refleksi diri. (B)(1.4)
2. Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
A.berbasis refleksi diri
B. metode yang longgar dan fleksibel
C. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
D. diubahsuaikan dengan kemampuan guru
Self reflective inquiry maksudnya berbasis hasil pengamatan dan renungan guru.(C)(1.6)
3. Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
A. sampel representatif 
B. sampel purposif
C. sampel acak
D. kasus khusus yaitu kelas
Sampel dalam PTK adalah kasus khusus yaitu kelas. PTK memang khusus dirancang untuk penelitian oleh guru di kelasnya sendiri(D)(1.10)
4. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil final yang ingin dicapai terletak pada ....
A. teori berguru yang akan diuji
B. temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
C. perbaikan hasil berguru siswa
D. meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian
hasil final yang ingin dicapai guru melalui PTK yakni terjadinya perbaikan/ peningkatan kualitas pembelajaran a.l. perbaikan hasil berguru siswa. Hasil final PTK adalah perbaikan hasil berguru siswa.(C)(1.10)
5. Manfaat PTK bagi sekolah yakni untuk meningkatkan ....
A. kemampuan guru di bidang instruksional
B. kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
C. daya inovasi pada diri guru
D. kualitas pembelajaran di kelas
Manfaat PTK bagi sekolah adalah kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan.(B)(1.27)
6. Berikut yakni keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
A. peneliti
B. validitas
C. metodologi
D. instrumen
Keterbatasan PTK antara lain : validitas PTK dan generalisasi, (D)(1.27)
7. Berikut yakni beberapa persyaratan yang harus dipenuhi biar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
A. pertolongan dari pihak sekolah
B. kebebasan bagi guru untuk melaksanakan penelitian di kelasnya
C. pengawasan dari Kepala Sekolah
D. kerjasama antar personil sekolah
Persyaratan PTK : Sekolah harus menunjukkan kebebasan kepada gurumelakukan PTK; Birokrasi dan hierarki di sekolah hendaknya diminimalkan; Sekolah semestinya mempertanyakan apa yang diinginkan bagi sekolahnya; PTK mempersyaratkan keterbukaan semua staf untuk membahas duduk perkara yang dihadapi; Sikap kepala sekolah dan staf harus menunjang adanya pembaharuan; Guru memiliki rasa percaya diri yang tinggi; Kepala Sekolah tidak harus melaksanakan pengawasan. guru cukup memberikan pemberitahuan untuk melaksanakan PTK di kelasnya (C)(1.29)
8.  Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melaksanakan ....
A. perumusan masalah
B. identifikasi masalah
C. analisis masalah
D. pembatasan masalah
Langkah awal PTK yakni identifikasi masalah. identifikasi duduk perkara merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat pertanyaan penelitian (B)(2.5)
9. Berikut yakni beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melaksanakan analisis masalah, kecuali ....
A. melaksanakan refleksi
B. mengkaji dokumen-dokumen kelas perihal siswa
C. berdiskusi dengan sahabat sejawat
D. melaksanakan studi banding ke sekolah lain
Langkah menganalisis duduk perkara : mengkaji dokumen-dokumen kelas perihal siswa menyerupai daftar hadir, daftar nilai, tugas-tugas yang diberikan, feedback, dalam konteks PTK analisis duduk perkara tidak perlu studi banding. walaupun hal ini dapat juga dilakukan (D)(2.8)
10. Hipotesis tindakan yakni ....
A. tindakan perbaikan yang dirancang pada ketika menyusun Rencana Perbaikan
B. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
C. dugaan-dugaan perihal upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D. kajian teori yang relevan dengan duduk perkara penelitian
Hipotesis tindakan adalah dugaan-dugaan perihal upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan.(C)(2.10)
11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK yakni ...
A. menentukan metode pengolahan data yang tepat
B. mempersiapkan diri sebagai peneliti
C. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
D. mempersiapkan sarana pendukung penelitian
Langkah awal pelaksanaan PTK : menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST);Menyiapkan akomodasi pendukung; Menyiapkan cara merekam dan mengnalisa data; Mensimulasikan pelaksanaan tindakan.(C)(2.12)
12. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
A. tanpa penafsiran
B. pribadi sebagaimana yang teramati oleh peneliti
C. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
D. yang membutuhkan penafsiran
high inference observation adalah model pengamatan yang membutuhkan penafsiran.(D) (2.22) 
13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melaksanakan observasi ....
A. terfokus
B. sistematis
C. terstruktur
D. terbuka
Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melaksanakan observasi sistematis. suasana verbal dan nonverbal membutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, jadi digunakan observasi sistematis sebab diperlukan kategori yang lebih sistematis.(B)(2.25)
14. Berikut yakni teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
A. wawancara
B. studi dokumen kelas
C. pengisian kuesioner
D. survai
Selain observasi pengumpulan data dapat dilakukan dengan catatan harian, rekaman, angket, dan wawancara. survai tidak dapat dilakukan di kelas, sebab PTK yakni penelitian khusus perihal kelas. bukan melihat kondisi kelompok sosial tertentu.(D)(2.29)
15. Refleksi paling sempurna dilakukan oleh peneliti PTK pada ketika ....
A. sebelum menyusun proposal
B. sesudah mengidentifikasi masalah
C. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
D. sesudah melaksanakan upaya perbaikan
Langkah paling sempurna sesudah melaksanakan upaya perbaikan yakni refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus berikutnya. (D)(2.33)
16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK yakni .... 
A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
B. merevisi pedoman observasi
C. menyusun tawaran PTK
D. menentukan metode yang akan digunakan
Perencanaan dan tindak lanjut adalah menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya.(A)(2.34)
17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein .... 
A. kenakalan remaja
B. disiplin belajar
C. interaksi belajar
D. prestasi belajar
Siswa malas mengerjakan peran termasuk domain disiplin belajar.(B)(3.5)
18. Berikut yakni kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah duduk perkara yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali .... 
A. duduk perkara pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa
B. guru bisa untuk melaksanakannya
C. relevan dengan pengembangan sekolah
D. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
Kriteria duduk perkara : Jangan memilih duduk perkara yang anda tidak kuasai; Ambil topik yang skalanya kecil dan terbatas; Pilih duduk perkara yang paling penting bagi anda dan siswa; Usahakan dapat dikerjakan secara kolaboratif; Kaitkan duduk perkara dengan prioritas pengembangan sekolah.(D)(3.6)
19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis duduk perkara yakni .... 
A. melaksanakan kajian dokumen kelas
B. melaksanakan introspeksi diri perihal pembelajaran di kelas
C. mewawancarai siswa
D. menunjukkan tes formatif
Langkah pertama bagi guru peneliti adalah melakukan introspeksi diri perihal pembelajaran di kelas. Karena langkah awal analisis duduk perkara yakni refleksi alias introspeksi diri perihal pembelajaran di kelas.(B)(3.8)
20. Hasil analisis duduk perkara menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru perihal pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali.... 
A. metode apa yang sebaiknya digunakan biar siswa mau menyimak pelajaran?
B. seni administrasi apa yang sebaiknya digunakan biar siswa mau menyimak?
C. bagaimana cara saya menyelesaikan duduk perkara ini?
D. bagaimana cara saya memotivasi siswa biar mau mau bertanya?
Justru guru harus merumuskan permasalahan yang ada di kelasnya dengan menkaji/melihatnya dari aspek strategi, metode atau dari siswanya sendiri.(C)
21. Berikut yakni beberapa alternatif cara berbagi alternatif tindakan, kecuali .... 
A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B. mempelajari hasil penelitian yang relevan
C. melaksanakan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini
D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat
Alternatif tindakan tidak bisa dilakukan dengan mengkopi hasil PTK sejawat, sebab permasalahan setiap kelas/individu yakni spesifik dan tidak dapat digeneralisasikan.(D)
22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
A. tujuan perbaikan
B. TIU
C. TIK
D. Kegiatan pembelajaran
Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir tujuan perbaikan.(A)(3.29)
23. Agar bisa berbagi RPP dengan efektif dan menunjukkan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum menunjukkan tindakan perbaikan yakni .... 
A. mempelajari tawaran PTK
B. melaksanakan simulasi perbaikan
C. berdiskusi dengan rekan sejawat
D. memvalidasi RPP
Membuat skenario pembelajaran; Mempersiapkan akomodasi sarana; menyusun RPP lengkap dan melaksanakan simulasi pembelajaran.(B)(3.32)
24. Yang dimaksud dengan tawaran PTK pada dasarnya yakni .... 
A. penelitian yangdilakukan guru di sekolah
B. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada ketika melaksanakan penelitian
C. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
D. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru
Proposal yaitu rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya. (C)(3.40)
25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun.... 
A. kekerabatan antar-guru kelas
B. kerjasama antar pihak-pihak terkait
C. persamaan persepsi
D. citra guru sebagai peneliti
Kerjasama antar pihak-pihak terkait dapat dikatakan benar sebab pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki latar belakang yang berbeda dengan profesi guru. kolaborasi yakni kerjasama antara 2 orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar belakangnya. menyerupai kolaborasi antara musisi dengan pelukis.(B)(4.16)
26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 .... 
A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan
B. sudah berhasil
C. belum menunjukkan perbaikan
D. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan
kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.SikluS 1 belum tidak memperlihatkan dampak yang signifikan.(C)(4.33)
27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan perihal perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, menyerupai teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo yakni data .... 
A. ordinal
B. kuantitatif
C. kualitatif
D. numerik
Data yang dikumpulkan guru yang juga berperan sebagai peneliti disebut data kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan tertulis perihal sikap dan perilaku siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa angka-angka.(C)(5.9)
28. Berikut yakni beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali .... 
A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian
B. grafik histogram
C. narasi perihal perilaku siswa
D. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan
Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian bukan merupakan hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil pengumpulan data.(A)
29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yang disusun sesuai dengan ....
A. urutan identifikasi masalah
B. pertanyaan penelitian
C. temuan penelitian
D. hasil analisis data
tujuan melaksanakan penelitian yakni mencari jawab atas permasalahan penelitian atau menandakan hipotesi yang dibuat peneliti. dimana hal-hal yang ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan penelitian. jadi agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan dapatcepat diidentifikasi alhasil maka penjelasan disampaikan sesuai urutan pertanyaan penelitian..Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yang disusun sesuai dengan pertanyaan penelitian.(B)(5.30)
30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk .... 
A. mempertinggi akurasi
B. memperoleh hasil yang valid
C. memperoleh perbaikan yang optimal
D. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian
karena upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan secara terus-menerus hingga terjadi perbaikan pembelajaran yang optimal.(C)
31. Secara spesifik laporan PTK memuat perihal .... 
A. temuan penelitian
B. kesimpulan hasil penelitian
C. rekomendasi
D. saran-saran perbaikan pembelajaran
Laporan PTK secara spesifik memuat saran-saran perbaikan pembelajaran.(D)(6.4)
32. Judul PTK harus menggambarkan .... 
A. upaya perbaikan pembelajaran
B. duduk perkara pembelajaran
C. duduk perkara pendidikan
D. perbaikan sistem persekolahan
PTK yakni jenis penelitian yang berfokus pada perbaikan pembelajaran di kelas, bukan duduk perkara pembelajaran secara umum, duduk perkara pendidikan atau persekolahan. jadi judul PTK harus menggambarkan upaya perbaikan pembelajaran.(D)(6.10)
33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat aneh penelitian. Berikut rambu-rambu penulisan aneh penelitian, kecuali .... 
A. difokuskan pada saripasi penelitian
B. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian
C. disajikan secararuntut, singkatdan padat
D. merupakan ringkasan penelitian
Abstrak penelitian bukan ringkasan (summary), tetapi merupakan intisari/saripati atau aspek penelitian atau dianggap penting. Abstrak disajikan secara runtut, singkat dan padat.(D).(6.6)
34. Dalam menyusun laporan PTK, duduk perkara penelitian ditulis/disajikan di episode .... 
A. identifikasi masalah
B. perumusan masalah
C. pendahuluan
D. Kesimpulan
Masalah/isu yanghendak diangkat umumnya diletakkan di episode pendahuluan sebagai latar belakang alasan dilaksanakannya penelitian.(C)(6.12)
35. Karena mau cepat selesai, pada ketika penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya hingga Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai moral penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan .... 
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. ke-konsistenan (keajegan)
Peneliti sudah berbohong berarti ia sudah melanggar kode etik peneliti. Kejujuran.(C)(6.25)
36. Tulisan perihal sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK yakni ..... 
A. kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
B. ungkapan penulis yang memiliki kesatuan inspirasi dan pikiran
C. kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru
D. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis
Paragraf yakni kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru.(C)(6.30)
37. Berikut yakni aspek dibahas dalam episode kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka yakni .... 
A. teori-teori yang elevan
B. kerangka berpikir
C. metodologi
D. pertanyaan penelitian atau hipotesis
Kajian pustaka berisi teori-teori yang elevan, pengalaman kasatmata hasil penelitian, atau pendapat para pakar. Metodologi tidak sesuai sebagai salah satu aspek kajian pustaka (C)(6.12)
38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan .... 
A. proses sosialisasi laporan ilmiah
B. penyebarluasan hasil penelitian
C. publikasi temuan ilmiah
D. dimanfaatkan orang banyak terutama guru.
pengalaman guru dalam memperbaiki pembelajaran akan dapat dijadikan pelajaran atau pengalaman bagi guru lain dalam menghadapi duduk perkara pembelajaran yangsama.(D)(6.38)
39.  Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah yakni .... 
A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah
B. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas
C. meningkatnya kredibilitas sekolah.
D. meningkatnya intelektualitas staf guru.
laporan PTK dapat meningkatkan kredibilitas sekolah. menunjukkan bahwa sekolah yang bersangkutan sangat peduli dengan kegiatan akademik.(C)
40. sebab mau cepat selesai maka pada ketika penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya hingga daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai moral penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. keajegan
peneliti telah melanggar kode etik peneliti, Kejujuran.(C)(6.25)
41. Dari hasil analisis duduk perkara yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak bisa menyelesaikan soal-soal perihal perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang sebab isiwa merasa matematika sebagai pelajaran janjkematian alias sulit. Sehubungan dengan duduk perkara tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan duduk perkara pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan biar siswa dapat mengerjakan soal-soal perihal perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
Apakah pemberian peran tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil berguru siswa?
Bagaimana bentuk materi peran yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?
1 dan 2 benar.
42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins yakni perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1) kesamaan persepsi antara guru dan sahabat sejawat
(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat.
(3) membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat
1, 2, dan 3 benar
43. Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
2 dan 3 benar
44 Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
suasana dan perilaku berguru siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
(1) dan (2) benar. Observasi oleh pengamat luar atau nonguru/pengajar difokuskan pada perilaku mengajar guru, suasana kelas dan perilaku siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
45 Hasil analisis data dapat dijadikan materi untuk ....
membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
mengidentifikasi temuan penelitian
Pernyataan (2) dan (3) benar, sebab hasil analisis data yakni untuk mengidentifikasi temuan sementara -melalui refleksi- dalam rangka menentukan apakah perbaikan sudah terjadi atau perlu terus ke siklus 2. Demikian pula hasil analisis data juga dapat dijadikan landasan untuk mencari/mengidentifikasi temuan penelitian baik temuan sementara (apabila belum diperoleh perbaikan) maupun temuan final (apabila sudah dicapai perbaikan pembelajaran.
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
memperoleh masukan perihal perilaku berguru siswa
mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan
mempelajari dokumen hasil belajar
Observasi yakni untuk menerima masukan perihal perilaku siswa dan melihat dampak tindakan perbaikan.1 dan 2 benar.
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa
mengidentifikasi penyebab duduk perkara pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
mengajar sebagaimana biasa sesuai aktivitas berguru siswa
Sebagai peneliti PTK guru akan (1) mengamati perilaku siswa sebagai dampak dari tindakan yang diberikan dan (2) mencari penyebab duduk perkara pembelajaran melalui wawancara dengan siswa. Hal (2) dilakukan untuk mempertajam duduk perkara penelitian sebab siswa merupakan salah satu sumber informasi PTK. 1 dan 2  benar.
48. Refleksi pada dasarnya yakni .....
mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa duduk perkara ini hingga terjadi dikelasnya
merencanakan banyak sekali alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan
merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
Opsi (1), (2) dan (3) semuanya benar. Karena refleksi yakni merenung kembali untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang menjadikan munculnya duduk perkara dilanjutkan dengan mencari alternatif hal-hal yang perlu dilakukan guru untuk memperbaiki pembelajaran. Bisa termasuk refleksi:
bertanya pada diri sendiri
mencari alternatif perbaikan

mengantisipasi hal-hal yangtidak diinginkan
49. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data yakni ...
menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian
menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan duduk perkara penelitian
mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik
Opsi 1 (menemukan makna dari hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian) dan 2 (menterjemahkan atau memberi makna hasil pengolahan data) yakni merupakan salah satu bentuk interpretasi data. Jadi, 1 da 2 benar.
50. Saran tindak lanjut hasil PTK yakni ....
A. saran-saran perbaikan ditujukan untuk banyak sekali pihak
B. alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian
C. usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi
Saran tindak lanjut dalam PTK dapat direpresentasikan dalam bentuk (i) alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian dan (ii) usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi. Karena tujuan final PTK difokuskan pada mencari alternatif perbaikan dan usulan perbaikan. 2 dan 3 benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel