cara mengidentifikasi bakat dan minat anak

1. Mencari Minat
Bagaimana cara menemukan minat? Mudah aja, caranya lakukanlah hal-hal yang anda sukai. Karena sesuai dengan definisinya, minat yakni suatu hal yang ingin kita lakukan tanpa paksaan orang lain. Seperti gue yang dulu senang ngedit foto muka sahabat supaya jadi lucu, main gitar supaya keren dan menulis blog supaya mampu memberi ide ke banyak orang.

Akhirnya gue mampu menemukan minat gue yaitu, desain, musik dan blogging. Untuk itu, cobalah banyak sekali macam aktivitas yang anda sukai, semakin banyak semakin bagus. Dengan melaksanakan hal tersebut, secara gak sadar anda akan mampu mencicipi bakat yang anda miliki.


2. Dari Minat, Munculah Bakat
Dari banyak sekali aktivitas yang anda lakukan sesuai minat anda, anda mampu secara perlahan mencicipi keahlian alami atau bakat anda. Ada yang perlu diingat, jika bakat itu gak cuman ada satu aja, alasannya manusia itu yakni mahluk multi talenta, hanya saja dari beberapa bakat yang anda miliki, hanya akan ada satu bakat yang paling lebih banyak didominasi atau menonjol dari diri anda.

Makara carilah bakat-bakat anda yang masih terpendam. Kalau anda belum menemukan bakat anda atau merasa hanya memiliki satu bakat aja, berarti anda masih kurang usaha untuk menemukannya dan kurang rajin untuk berkegiatan lebih banyak. Semakin cepat anda menemukan bakat anda, semakin cepat juga anda dapat mengembangkannya dan menggali potensinya.


3. Merasakan Passion
Nah, anggap saja anda udah dapat menemukan bakat atau keahlian anda. Sekarang yang perlu anda lakukan yakni memilih dan mencicipi dari salah satu keahlian anda, yang mana yang memiliki passion atau gairah ketika anda melakukannya.

Maksudnya bagaimana? Kalau gue analogikan, passion atau hasrat itu bagaikan menyerupai mengejar wanita yang kita suka, penuh dengan semangat yang menggebu-gebu dan gak kenal lelah. Jadi, rasakanlah ketika anda melaksanakan minat anda dan anda merasa begitu senang, gak kenal lelah dan selalu bersemangat, itulah yang passion.


Makara menurut gue minat, bakat dan passion itu saling berhubungan, sehingga jika udah menemukan salah satunya, gak akan susah untuk mencari yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel