cara mengidentifikasi kemampuan berguru awal
Saturday 2 December 2017
Edit
Saya yakin semua guru pasti tahu betul pentingnya kemampuan awal siswa dalam proses pembelajaran. Bila guru memolakan dan mengetahui kemampuan awal yang dimiliki oleh siswa sebelum mengikuti suatu pembelajaran, maka tentunya apa-apa yang akan dilakukan guru ketika memfasilitasi proses pembelajaran itu akan menjadi lebih efisien.
Strategi atau Cara yang Dapat Digunakan Untuk Mengetahui Kemampuan Awal Siswa
Ada beberapa strategi/cara yang dapat guru lakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, misalnya:- Asesmen Kemampuan Awal Siswa Berbasis Kinerja /Asesmen pengetahuan awal siswa
- Asesmen Kemampuan Awal Mandiri (Self Assessment) /Asesmen pengatahuan awal mandiri
- Peta Konsep / Concept map
Asesmen Kemampuan Awal Siswa Berbasis Kinerja
Cara paling reliabel dalam melaksanakan asesmen ini yaitu dengan memperlihatkan sebuah tugas, dapat berupa kuis, atau bentuk lain, yang berkaitan dengan bahan pelajaran yang akan diberikan, yang dalam pengerjaan peran tsb akan memerlukan penggunaan pengetahuan awal yang telah mereka miliki sebelum mengikuti pembelajaran anda. Tentunya, ketika merancang kuis atau peran tersebut, terlebih dahulu guru mengidentifikasi pengetahuan prasyarat atau keterampilan prasyarat apa yang diharapkan untuk pembelajaran yang akan dilakukan.Asesmen Kemampuan Awal Mandiri (Self Assessment)
Untuk melaksanakan cara yang kedua ini, guru dapat membuat sebuah angket singkat untuk evaluasi mampu bangkit diatas kaki sendiri (evaluasi diri) setiap akseptor didik yang akan mengikuti pembelajaran. Cara ini bergotong-royong relatif mudah dilakukan, alasannya angket yang dibuat sederhana saja. Berikut pola angket untuk asesmen kemampuan awal mandiri:Contoh 1 | Seberapa luas pengetahuanmu wacana fotosintesis:
|
---|---|
Contoh 2 | Seberapa dekat kau dengan "Uji-T"?
|
Contoh 3 | Seberapa dalam pengetahuanmu wacana photoshop?
|